Senin, 06 Oktober 2014

Penyebab Lamaran Kerja Ditolak Perusahaan

 Di samping mencari lowongan pekerjaan yang semakin susah, kompetisi lamaran kerja pun semakin tinggi dan saat Anda berhasil sampai ke tahap interview, pasti Anda akan senang karena merasa telah berhasil menyisihkan banyak orang berkat gelar atau prestasi yang dimiliki. Tapi, bagaimana jika sampai sekarang Anda masih belum mendapatkan pekerjaan, padahal Anda kira telah berhasil menarik perusahaan saat proses interview? Mungkin salah satu hal ini adalah penyebabnya!

1. Meminta Gaji Terlalu Tinggi

Banyak penelitian menunjukkan bahwa sejumlah perusahaan saat ini berusaha menekan anggaran dengan cara mengurangi gaji pegawai. Faktanya banyak sekali para pencari kerja yang akhirnya ditolak perusahaan impian karena gaji yang diminta dinilai terlalu tinggi.

2. Ada yang Lebih Hebat

Kompetisi pekerjaan memang sangat tinggi dan semakin banyak pula orang berkualitas yang mengincar pekerjaan serupa dengan Anda. Jadi, alasan Anda tidak mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang dilamar mungkin saja karena adanya orang lain yang dinilai lebih hebat dibanding Anda.

3. Penampilan Buruk

Kesan pertama yang dilihat pewawancara merupakan penentu diterima atau tidaknya Anda di perusahaan tersebut. Jika Anda mendatangi tempat wawancara dengan pakaian yang tidak rapi, riasan yang berlebihan, atau rambut yang tidak tertata dengan baik pasti perusahaan akan berpikir ulang untuk merekrut Anda.

4. Datang Terlambat

Ketika memenuhi panggilan interview dan Anda datang terlambat, hal itu akan menggambarkan bagaimana diri Anda dan antusiasme Anda dalam bekerja nantinya. So, datanglah 30 menit sebelum waktu wawancara dimulai dan ketahui terlebih dulu kondisi lalu lintas yang akan dilewati ketika menuju tempat wawancara agar berhasil sampai tepat waktu.

5. Kepribadian Kurang Baik

Ketika wawancara berlangsung, tidak hanya jawaban Anda yang akan dinilai, kepribadian pun menjadi faktor penting sebagai penentu diterima kerja. Jika Anda memiliki sifat menyebalkan atau mudah marah tentu perusahaan tidak akan menerima Anda meskipun Anda dapat bekerja dengan sangat baik.

6. Kualifikasi Terlalu Tinggi

Hal ini sangat memungkinkan terjadi karena secara realistis perusahaan akan menolak karyawan baru yang memiliki kualifikasi yang terlalu tinggi. Hal ini disebabkan karena Anda memiliki pengalaman kerja yang lama dibandingkan dengan atasan atau keterampilan kerja Anda yang terlalu baik.
Apakah alasan di atas salah satunya ada pada diri Anda? Jika ya, sekarang saatnya Anda merubah persepsi dan menjadikannya sebagai pengalaman agar nantinya proses pencarian lowongan kerja terbaru dapat berjalan dengan lebih baik lagi.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda