Minggu, 12 Oktober 2014

Kesalahan Dalam Mencuci Mobil

Menghindari kesalahan dalam mencuci mobil, agar terhindar dari kerusakan pada cat bodi mobil anda seperti spider web atau gores kecil/rambut, sebaiknya diperhatikan karena hal sekecil apapun bisa merusak mobil anda dalam jangka waktu yang cukup panjang. 10 hal-hal berikut ini yang harus dihindari dalam mencuci kendaraan anda:

1. Mencuci dengan shampoo

Mencuci mobil tanpa shampo dengan menggunakan kanebo, tanpa adanya shampo maka tidak akan lubrikasi yang melicinkan proses pencucian sehingga akan menyebabkan goresan halus, dan lama kelamaan akan menjadi kelunturan di warna cat mobil agan.

2. Mencuci dengan sabun colek

Mencuci mobil dengan sabun colek, hal ini akan menyebabkan mobil anda menjadi kusam warna catnya dan memperbesar kemungkinan karatan. Sangat harus di hindari!

3, Memoles kap mesin dengan wax

Memoles mobil dengan Wax pada bagian kap mesin yang masih panas, hal ini dapat berakibat wax cepat kering dan sulit dibersihkan.

4. Menggunakan wax sembarangan

Menggunakan obat poles (wax atau compound) tanpa pengetahuan yang benar, hal ini dapat berakibat cat cepat kusam, goresan makin banyak, lapisan pernis habis, atau tambah parah menjadi retak-retak. Sebaiknya bila ingin gunakan compound, gunakan saat siang agar tidak ada cairan coumpound yg mengendap di mobil.

5. Membiarkan kotoran menempel terlalu lama

Membiarkan terlalu kotoran yang menempel di cat mobil, seperti getah atau kotoran burung yang akan mengakibatkan permanen damage yang tidak bisa diperbaiki selain dengan mengecat ulang. Intinya, cuci mobil dengan teratur agar mobil anda tetap terawat.

6. Menggunakan kamoceng

Membersihkan kotoran pada mobil dengan alat kamoceng yang biasa di pakai di rumah, yang bisa menyebabkan goresan atau spider web.

7. Mencuci dengan menggunakan satu ember

Mencuci mobil dengan hanya menggunakan satu ember dan satu lap saja. akan menambah goresan pada cat mobil anda, karena kotoran yang masih ada pada air di ember atau pada lap. Pisahkan untuk shampoo, bilas dan velg agar lebih maksimal.

8. Mobil tidak pernah di wax

Mobil tidak pernah di wax sama sekali, akibatnya cat tanpa proteksi sama sekali, maka dijamin umur ekonomis cat yang hanya sampai 5 tahun tidak akan dapat bertambah; dijamin Cat mobil akan kusam dalam waktu 5 tahun atau bahkan kurang dari 5 tahun! Tapi ingat juga aturannya, sudah dijelaskan di point ke 3 dan 4.

9. Tidak menggunakan kanebo

Mencuci bukan dengan memakai lap kanebo atau lap biasa yang bahan keras/kasar, sehingga debu atau kotoran tidak terserap yang menimbulkan goresan halus. Gunakan lap yang bisa menyerap air dan kotoran. Contoh; Microfiber.

Lap kanebo sebagai penuntas pengeringan, maka kotoran kecil yang mungkin masih menempel atau tertinggal tidak terbersihkan membuat goresan halus. Sebaiknya gunakan lap microfiber untuk proses akhir dari pencucian mobil.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda